Jumat, 21 Oktober 2011

SISTEM INFORMASI PEMASARAN

SISTEM INFORMASI PEMASARAN


Sesuai perkembangan sekarang, perusahaan yg menggunakan TPS( transaction processing unit, database yang ada dapat digabungkan dengan database non transaksi yg berasal dari sistem informasi fungsional. Gabungan database ini dapat digunakan oleh manajer semua level untuk membuat laporan, salah satu sistem fungsional yg akan kita bahas sekarang adalah sistem informasi pemasaran.

Sistem informasi pemasaran selalu digunakan oleh bagian pemasaran dalam sebuah perusahaan untuk memasarkan produk2 perusahaan tersebut. sistem informasi ini merupakan gabungan dari keputusan yg berkaitan dengan:

1. Produk

2. Tempat

3. Promosi

4. Harga produk

Menurut mcleod(2000), sistem informasi pemasaran terdiri dari beberapa subsistem antara lain:

1. Subsistem riset pemasaran, merupakan sistem yg berhubungan dengan pengumpulan, pencatatan dan analisis data pelanggan dan calon pelanggan dan calon pelanggan.

2. Subsistem informasi pemasaran, merupakan subsistem yg berhubungan dg pengumpulan, pencatatan dan analisis terhadap pesaing.

3. Subsistem pemrosesan transaksi, merupakan subsistem berupa sistem informasi akuntansi.

4. Subsistem produk, berguna untuk membuat rencana produk baru.

5. Subsistem tempat, berguna untuk pengambilan keputusan terhadap penentuan tempat yg sesuai dg pelemparan produk yg dihasilkan.

6. Subsistem promosi, berfungsi untuk melakukan analisis terhadap promosi yg dilakukan untuk meningkatkan penjualan.

7. Subsistem harga, berfungsi untuk membantu menetapkan harga terhadap produk yg dihasilkan.

8. Subsistem peramalan penjualan, untuk melakukan peramalan penjualan.

komentar….

menurut saya sistem informasi pemasaran di Indonesia ini sebenarnya sudah cukup memadai untuk di pakai di perusahaan – perusahaan besar…..

karena dengan adanya sistem informasi pemasaran kita dapat lebih cepat dalam melakukan transaksi – transaksi dalam proses jual – beli….sehingga tenaga manusia yang di keluarkan tidak begitu besar dan tenaga kerjanya menjadi lebih kreatif dalam menciptakan ide – ide baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar